Mengapa Penting Menggunakan Jasa Pembuatan NIB untuk UMKM?

Para owner UMKM yang hingga kini belum memiliki NIB sudah sepatutnya sesegera mungkin memprosesnya. Jika tidak ingin ribet, ada solusi terbaik yang bisa dipilih yakni menggunakan jasa pembuatan NIB.

Bukan hanya satu, ada banyak sekali manfaat NIB (Nomor Induk Berusaha) bagi UMKM, di antaranya menjamin legalitas usaha UMKM, membuka berbagai peluang serta akses ke fasilitas yang mendukung perkembangan usaha, dan sebagai akses ke kepabeanan.

Perlu diingat, NIB merupakan kewajiban bagi semua pelaku usaha di Indonesia. Adanya NIB, sebuah usaha akan memiliki legalitas dan dapat melindungi hak-hak pengusaha secara hukum.

Pentingnya Menggunakan Jasa Pembuatan NIB untuk UMKM

Mengapa Penting Menggunakan Jasa Pembuatan NIB untuk UMKM?

Mengingat proses pembuatan NIB cukup ribet, akhirnya tidak sedikit owner UMKM yang memilih untuk membiarkan usahanya tanpa NIB. Padahal, keputusan itu malah membuat mereka kesulitan, terutama ketika ingin melakukan ekspor barang hasil produksinya.

Bagi yang ingin memproses NIB untuk pengusaha tetapi ingin cepat jadi dan tidak mau repot, gunakan saja jasa pembuatan NIB UMKM. Mengapa disarankan menggunakan jasa? Berikut beberapa keuntungan yang akan didapatkan:

1. Proses Cepat dan Mudah

Tidak seperti memproses secara mandiri, menggunakan jasa pembuatan NIB dapat mempercepat sekaligus mempermudah proses pembuatannya. Bagaimana tidak, jasa terpercaya tentunya dijalankan secara profesional oleh orang-orang berpengalaman.

Pembuatan NIB cepat bisa menghindarkan pemilik UMKM dari sanksi pemerintah karena usahanya telah diakui secara hukum. Usaha yang telah mengantongi NIB maka legalitasnya terjamin.

Permohonan pembuatan NIB sendiri harus memenuhi syarat dan ketentuan sesuai aturan yang berlaku. Mengenai data yang dibutuhkan yakni nama, NIK, alamat tinggal, bidang usaha, lokasi penanaman modal, besaran rencana penanaman modal, dan lain sebagainya.

2. Menghemat Pengeluaran

Pengurusan NIB usaha melalui jasa berpengalaman dapat menekan pengeluaran. Bagaimana tidak, pemilik usaha UMKM tidak perlu menghabiskan uang untuk mencetak dokumen berulang kali, pulang pergi ke kantor pengurusan NIB, dan biaya tambahan lainnya.

Penanganan oleh tenaga berpengalaman bisa secara efektif menekan biaya pembuatan NIB, sehingga selain prosesnya cepat, juga biaya yang dihabiskan untuk pembuatan NIB dari awal sampai jadi tidak sampai membengkak.

Kabar baiknya lagi, beberapa jasa pembuatan NIB banyak yang menawarkan diskon dan paket menarik yang semakin menekan biaya pembuatannya.

3. Lebih Fokus dalam Mengembangkan Bisnis

Proses NIB UMKM sering dianggap rumit, membutuhkan biaya besar, persyaratannya banyak, dan prosesnya lama. Padahal, jika dilakukan oleh orang berpengalaman, proses pembuatan NIB terbilang cepat dan tidak begitu ribet.

Bagi yang tidak ingin ribet, memang paling disarankan untuk menggunakan jasa pembuatan NIB. Tidak perlu kesana kemari sampai prosesnya selesai, cukup fokus mengembangkan UMKM dan tunggu sertifikat NIB UMKM jadi.

Hanya saja pastikan mempersiapkan dokumen-dokumen yang diminta oleh jasa pembuatan NIB, guna mempercepat dan memperlancar proses pembuatannya.

4. Didukung Ahli Terpercaya

Tidak semua orang tahu bagaimana langkah tepat membuat NIB agar prosesnya tidak sampai terkendala. Oleh karenanya, hadirnya jasa pembuatan NIB sangat membantu para owner UMKM yang ingin usahanya diakui secara hukum.

Setiap jasa pembuatan NIB terpercaya pastinya didukung oleh tenaga ahli berpengalaman. Hal itu dapat menekan munculnya kendala dalam proses pembuatan NIB, terutama pada tahap-tahap riskan.

Dukungan ahli berpengalaman juga membuat proses pembuatan NIB cepat selesai dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

5. Terhindar dari Penipuan

Sering sekali terjadi kasus penipuan mengatasnamakan calo berpengalaman yang siap membantu membuat NIB. Namun, setelah mengeluarkan dana besar, ternyata pemilik UMKM malah mendapatkan NIB palsu atau bahkan calo kabur tanpa menyelesaikan tanggung jawabnya.

Supaya terhindar dari hal-hal seperti itu, pemilik UMKM bisa mengandalkan jasa pembuatan NIB yang sudah berpengalaman dan dipercaya banyak orang. Pastikan memilih penyedia jasa yang memang dapat dipercaya dan diandalkan.

Minta rekomendasi dari orang terpercaya atau cari rekomendasi jasa pembuatan NIB dari situs-situs terpercaya. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan penyedia jasa yang benar-benar berkualitas.

Itulah ulasan seputar pentingnya menggunakan jasa pembuatan NIB terpercaya, salah satunya untuk menghemat waktu sekaligus pengeluaran agar tidak sampai mengalami pembengkakan.

Posting Komentar untuk "Mengapa Penting Menggunakan Jasa Pembuatan NIB untuk UMKM?"