10 Istilah Kesehatan yang Sering Digunakan Dokter

Dapatkan informasi tentang obat-obatan dan farmasi di Pafi. Saat konsultasi ke dokter, Anda mungkin sering menemukan beberapa istilah yang sama sekali belum pernah didengar. Istilah medis memang kerap membingungkan karena tidak mudah dipahami oleh orang awam.

Istilah Kesehatan yang Sering Digunakan Dokter

Istilah Kesehatan yang Sering Digunakan Dokter

Meskipun hanya dipahami oleh ahli medis atau dokter, jangan khawatir. Karena di sini ada beberapa istilah dalam kesehatan dan artinya yang mungkin sebelumnya membuat Anda penasaran.

Akut

Istilah ini sering kita dengar ketika melakukan pemeriksaan medis. Akut sendiri menggambarkan tentang sebuah kondisi penyakit yang biasanya terjadi tiba-tiba secara singkat. Selain itu, kondisi ini juga menunjukkan kondisi penyakit serius.

Diagnosis

Dalam kamus diagnosa dokter juga ada istilah diagnosis. Apa sebenarnya diagnosis? Ini merupakan sebuah istilah yang berarti identifikasi suatu penyakit da kerap diucapkan oleh dokter untuk pasiennya.

Misalnya saja, seseorang terdiagnosa mengalami pneumonia atau lainnya. Sehingga pasien bisa mengetahui jenis penyakit yang mereka derita dan cara penanganannya.

Kronis

Istilah medis selain akut juga ada kronis. Biasanya berbeda dengan akut yang berlangsung secara tiba-tiba, kronis adalah istilah untuk menunjukkan sebuah penyakit yang berlangsung secara terus menerus atau dalam waktu yang lama.

Dengan kata lain, suatu penyakit disebut kronis apabila terjadi secara berulang atau bahkan semakin serius.

Skrining

Dalam metode deteksi dini penyakit, kita sering mendengar istilah skrining. Adapun tujuannya agar pasien segera memperoleh penanganan kesehatan untuk pasien yang mengidap sebuah penyakit.

Hipotensi dan Hipertensi

Hipotensi adalah istilah yang menyatakan kondisi seseorang mengalami tekanan darah rendah, atau kondisi tekanan darah yang jauh di bawah batas normal. Sedangkan hipertensi merupakan kondisi sebaliknya.

Dalam kamus bahasa medis, hipertensi adalah sebuah kondisi saat tekanan darah tinggi atau tekanan darah seseorang melebihi batas normal.

Antibodi

Dalam dunia medis, kita juga kerap mendengar istilah antibodi. Pengertian antibodi ini yaitu protein untuk melindungi seseorang saat ada zat asing masuk ke dalam tubuh.

Diabetes

Diabetes adalah sebuah kondisi penyakit tertentu yang terjadi saat tubuh pasien tidak dapat mengambil glukosa kembali ke dalam sel. Gejala paling umum dari diabetes adalah gula darah yang tinggi.

Kemoterapi

Istilah kedokteran dan artinya selanjutnya yaitu kemoterapi. Ini adalah istilah tentang pengobatan yang biasanya dilakukan untuk menghancurkan sel-sel kanker dengan menyeluruh.

Anemia

Kondisi anemia biasanya terjadi saat tubuh mengalami kekurangan pada hemoglobin atau sel darah merah sehat. Sehingga sel-sel yang ada dalam tubuh tidak bisa memperoleh asupan oksigen yang cukup.

Inflamasi

Inflamasi merupakan reaksi kekebalan tubuh alami untuk melawan serangan mikroorganisme atau penyakit tertentu. Biasanya inflamasi dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain saat cedera, infeksi, terpapar racun atau lainnya.

Mungkin saja Anda sering mendengar istilah-istilah medis di atas tapi belum tahu artinya. Dengan mengetahui arti dari istilah-istilah kesehatan tentu saja bisa mempermudah Anda untuk menangani sebuah penyakit. Anda juga bisa cari tahu tentang ilmu medis atau farmasi di PAFI.

Posting Komentar untuk "10 Istilah Kesehatan yang Sering Digunakan Dokter"