Halving adalah: Fenomena Unik dalam Dunia Cryptocurrency

Bagi Anda yang telah lama terjun sebagai investor kripto tentu sudah familiar dengan fenomena halving.

Belakangan halving menjadi tema yang cukup hangat diperbincangkan, terutama di kalangan para penambang. Halving adalah fenomena unik dalam investasi crypto yang bertujuan untuk mengendalikan value dari cryptocurrency.

Secara sederhana halving adalah fenomena pemotongan imbal hasil dari nilai cryptocurrency sebesar 50%. Tentunya fenomena pemotongan imbal balik ini menjadi hal yang sangat familiar bagi Anda yang telah lama terjun dalam dunia kripto.

Pemangkasan imbal balik ini memberikan sentimen positif di pasar kripto. Disinyalir efek crypto halving dapat meningkatkan harga crypto secara signifikan dalam 2-3 bulan mendatang.

Halving countdown yang telah dilalui pada April 2024 lalu tentunya membuka peluang bagi para investor untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Meskipun peningkatan tersebut tidak pasti, namun mengikuti hukum ekonomi hal tersebut sangat mungkin terjadi. Mengingat langkanya kripto setelah siklus pemangkasan tersebut.

Apa itu Cryptocurrency?

Seiring dengan berkembangnya dunia digital, gagasan akan mata uang digital kini telah terealisasi dalam bentuk cryptocurrency.

Secara sederhana, cryptocurrency diterjemahkan sebagai mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi jual-beli hingga investasi.

Berbeda dengan mata uang konvensional, cryptocurrency tidak memiliki wujud. Meski demikian mata uang digital ini sah sebagai alat transaksi online bahkan dapat digunakan secara global.

Terdapat sekitar 2,200 jenis cryptocurrency yang saat ini beredar secara global. Salah satu yang populer adalah Bitcoin.

Meski belum dilegalkan sebagai alat transaksi, namun mata uang kripto menjadi komoditas digital yang legal diperjualbelikan. Bahkan menjadi objek yang cukup volatil dalam dunia investasi.

Sebagaimana mata uang konvensional, mata uang kripto pun memiliki mekanisme tersendiri untuk menjaga nilai mata uang. Salah satunya adalah melalui mekanisme halving.

Mengenal Halving dalam Cryptocurrency

Berbeda dengan mata uang konvensional, cryptocurrency memiliki limit maksimum peredaran mata uang. Untuk menerbitkan mata uang digital ini dibuatlah mekanisme imbalan.

Imbalan berupa terbitnya koin baru akan diperoleh penambang setelah berhasil menerjemahkan kode matematika yang rumit. Namun mengingat peredaran mata uang kripto ini memiliki limit, maka dibuatlah mekanisme halving. Lalu, apa itu halving?

Secara sederhana halving adalah pemangkasan imbalan koin baru sebesar 50% bagi para penambang. Pengurangan atau halving ini merupakan siklus 4 tahunan. Artinya per 4 tahun penambang Hanya akan menerima imbalan berupa 50% koin baru dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dengan kata lain arti halving pun dapat dijabarkan sebagai salah satu langkah untuk mengontrol penerbitan koin baru agar tidak melebihi limit yang telah ditetapkan.

Tentunya fenomena halving berpengaruh terhadap pasokan koin dan pada nilai investasi cryptocurrency. Siklus 4 tahunan ini telah menunjukan nilai kripto yang sangat volatil sehingga investasi mata uang digital menjadi salah satu yang diminati.

Terlebih siklus halving Blockchain pada tahun 2020 menunjukan peningkatan yang cukup signifikan. Meski demikian, ketelitian dan kejelian tetap diperlukan dalam membaca pasar dan parameter lain yang berpengaruh terhadap harga dari jenis mata uang kripto yang Anda miliki.

Manfaat Halving dalam Investasi Cryptocurrency

Halving adalah: Fenomena Unik dalam Dunia Cryptocurrency

Bagi Anda yang tertarik untuk investasi kripto, halving dapat memberikan dampak positif. Berikut manfaat halving dalam cryptocurrency:

Kemungkinan Nilai Aset Meningkat

Meski membutuhkan waktu, adanya halving berdampak positif bagi penguatan nilai mata uang kripto. Terbatasnya suplai baru mata uang kripto mampu melambungkan harga jual dari koin yang Anda miliki.

Tentunya hal tersebut menjadi angin segar bagi para trader untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar setelah halving.

Volatilitas semakin Tinggi

Investasi Kripto menawarkan return yang cukup besar. Hal tersebut terjadi karena aset mata uang digital memiliki nilai yang cukup fluktuatif. Terlebih pada saat menjelang dan pasca masa halving.

Anda dapat menyaksikan tingkat volatilitas yang lebih tinggi di pasar selama kurun waktu tersebut. Nilai Kripto dapat berfluktuasi secara signifikan dalam waktu singkat.

Karenanya halving dapat dijadikan kesempatan baik untuk melakukan trading, namun Anda pun harus siaga dengan perubahan nilai yang tidak terduga karena dapat meningkatkan risiko keuangan.

Pintu, Aplikasi Investasi Cryptocurrency Terbaik Bagi Pemula

Menjawab antusiasme masyarakat Indonesia dalam melakukan Investasi aset digital, PT. Pintu Kemana Saja meluncurkan aplikasi bernama Pintu.

Pintu merupakan platform digital yang bergerak di sektor industri Cryptocurrency dan Blockchain. Aplikasi ini menjembatani trader untuk mengelola atau melakukan investasi kripto.

Melalui aplikasi Pintu Anda dapat melakukan trading aset Kripto seperti bitcoin to idr dengan mudah. Tentu ini menjadi salah satu keunggulan dari aplikasi Pintu.

Pembelian bitcoin to IDR menjadi salah satu syarat dari perdagangan cryptocurrency di Indonesia. Hal ini dilakukan mengingat mata uang kripto bukanlah produk resmi dari bank Indonesia.

Meski demikian Anda tak perlu khawatir, karena kelegalan mata uang kripto telah terkonfirmasi oleh BAPPEBTI sebagai komoditas trading.

Selain itu, Pintu pun menghadirkan User Interface yang ramah bagi para pemula. Tampilan sederhana tersebut dapat mempermudah Anda untuk melakukan transaksi Cryptocurrency dengan mudah.

Bagi Anda yang baru terjun dalam dunia Kripto, Pintu menyajikan fitur-fitur bermanfaat yang bisa menjadi panduan bagi para pemula. Salah satunya adalah adanya konten edukasi dalam aplikasi.

Konten edukasi ini memuat pengetahuan mengenai mata uang Kripto. Mulai dari mengenal cryptocurrency tinggal hal-hal advance yang krusial saat Anda akan terjun sebagai investor Kripto.

Investasi keuangan digital dalam hal ini cryptocurrency tengah menjadi trending. Nilai kripto yang dinilai cukup volatil menjadi daya tarik tersendiri bagi investor. Terlebih jika Siklus halving telah terlewati. Pasar pun optimis bahwa nilai mata uang kripto akan meningkat secara signifikan dalam jangka 3-4 bulan setelah halving.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja telah meluncurkan PINTU sebagai platform transaksi jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU menawarkan tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, lengkap dengan fitur edukasi in-app, yang akan sangat bermanfaat bagi investor crypto pemula maupun yang berpengalaman.

Posting Komentar untuk "Halving adalah: Fenomena Unik dalam Dunia Cryptocurrency"