Cara Mengobati Kelopak Mata yang Bengkak dan Sakit

Selaput mata bengkak adalah salah satu kondisi yang mungkin dialami oleh siapa saja, termasuk Anda. Bisa saja Anda jarang mendengar kondisi ini, tetapi faktanya mata bengkak lazim dialami oleh manusia.

Mengalami kondisi seperti ini tentu bukan hal yang menyenangkan. Terlebih mata adalah salah satu organ vital manusia yang berfungsi sebagai indera penglihatan. Apabila salah satu indera tidak berfungsi optimal, tentu akan menjadi kendala dalam aktivitas harian.

Anda hendaknya tidak buru-buru mencari racikan obat seperti yang dibuat oleh para ahli di pafisawahluntokota.org. Anda tentunya perlu memahami penyebabnya terlebih dahulu barulah cara penanganan yang tepat. Simak uraian singkat ini, yuk!

Penyebab Kelopak Mata Bengkak

Cara Mengobati Kelopak Mata yang Bengkak dan Sakit

Kenapa mata tiba tiba bengkak? Mungkin pertanyaan inilah yang muncul dalam benak Anda di awal artikel. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

Alergi Mata

Asap, debu, alergi musiman, hingga bulu hewan peliharaan dapat menyebabkan selaput mata bengkak. Biasanya bengkak akan disertai dengan mata berair, memerah, dan gatal.

Bintitan

Ada dua jenis bintitan, yakni hordeolum dan kalazion. Hordeolum adalah benjolan di kelopak mata bawah atau pangkal bulu mata. Infeksi bakteri adalah penyebab munculnya hordeolum.

Adapun kalazion adalah benjolan yang bengkak di kelopak mata. Kondisi ini terjadi akibat adanya penyumbatan di kelenjar kelopak mata.

Konjungtivitis

Pembengkakan dan kemerahan muncul di kelopak serta sklera (bagian putih pada mata). Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, beberapa di antaranya adalah streptococcus, staphylococcus, hingga influenza.

Blefaritis

Individu yang memiliki kulit kepala berketombe, kulit berminyak, atau mengidap rosacea rentan terkena blefaritis. Selain bengkak, gejala lainnya adalah memerah, sensasi terbakar, dan sakit.

Sama halnya dengan bintitan, blefaritis pun diakibatkan oleh bakteri. Kumpulan bakteri akan berkembang di dasar bulu mata dan berujung menjadi serpihan seperti ketombe.

Cara Mengobati Kelopak Mata Bengkak

Apabila Anda mengalami mata bengkak, tidak perlu panik dan khawatir. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati kelopak mata bengkak:

Bilas

Membilas dengan air bersih adalah cara paling sederhana yang dapat Anda gunakan sebagai penanganan pertama, khususnya untuk mata berair atau belekan. Idealnya gunakan air dingin saat membilas, ya!

Kompres

Cara mengatasi mata bengkak berikutnya adalah dengan kompres. Ada dua jenis, yakni kompres dingin dan hangat. Keduanya berfungsi untuk meredakan pembengkakan.

Caranya mudah saja, gunakan handuk sebagai media untuk mengompres. Kompres dingin untuk meredakan bengkak akibat alergi, sedangkan kompres hangat berfungsi untuk meredakan bengkak akibat bintitan atau blefaritis.

Obat Tetes Mata

Bukan racikan obat minum yang akan direkomendasikan oleh para ahli di pafisawahluntokota.org, melainkan obat tetes mata.

Apabila bengkak disebabkan oleh alergi maka gunakan obat tetes mata yang mengandung antihistamin. Sedangkan bengkak yang disebabkan alergi dapat diredakan dengan antibiotik.

Menghindari Pemicu Alergi

Selalu jaga kondisi sekitar dan pastikan tidak ada pemicu-pemicu alergi yang rentan membuat mata bengkak. Jaga selalu kebersihan rumah dan tempat kerja.

Selain menjaga kebersihan, hendaknya Anda juga rajin menggunakan masker sebagai tindakan preventif terhadap asap. Berhati-hatilah juga jika bermain dengan hewan peliharaan, ya!

Ingat, kelima cara di atas berguna untuk mengatasi mata bengkak, bukan cara menghilangkan mata sembab, ya! Kenali kondisi mata Anda dan jagalah kesehatannya setiap hari karena fungsinya yang sangat vital dalam kehidupan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengobati Kelopak Mata yang Bengkak dan Sakit"