5 Teknologi AI yang Bermanfaat untuk Mahasiswa

Perkembangan teknologi AI bisa membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas penelitian, termasuk skripsi.

Teknologi AI adalah teknologi buatan yang dimiliki oleh perangkat lunak atau komputer sehingga dapat bekerja seperti manusia.

Perkembangan teknologi berbasis AI sangat pesat. Sampai saat ini cukup banyak jenis AI yang bisa digunakan dan masing-masing mempunyai spesifikasi tertentu.

Jenis teknologi Berbasis AI yang Bermanfaat untuk Mahasiswa

Jenis teknologi Berbasis AI yang Bermanfaat untuk Mahasiswa

Banyaknya pilihan AI yang saat ini tersedia memudahkan mahasiswa untuk memilih tipe yang paling nyaman digunakan.

Teknologi ini tidak semua berasal dari luar negeri, namun ada juga yang berasal dari Indonesia sehingga navigasinya mudah dipahami dan mudah digunakan.

Berikut pilihan teknologi AI yang dapat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan penelitian:

Aruna AI

Pilihan pertama, Aruna AI berasal dari Indonesia sehingga mampu memahami instruksi dalam Bahasa Indonesia dan membuat tulisan dalam Bahasa Indonesia.

Aruna AI sangat bisa menjadi andalan karena dapat membantu membuat kerangka tulisan, menyusun bahan skripsi, mengedit hingga menjadi partner berdiskusi.

Gaya bahasa yang dihasilkan dari fleksibel dan sesuai dengan dunia akademik. AI satu ini juga bisa memberikan respon yang cepat, memori kuat, harga terjangkau dan keamanannya terjamin.

Concensus

Pengguna teknologi AI di Indonesia, termasuk mahasiswa bisa mencoba Consensus yang bisa membantu menemukan dan menganalisis jurnal dan artikel ilmiah dengan hasil akurat.

Cakupan dari Concesus sangat luas, bisa menganalisis lebih dari 200 juta dokumen ilmiah. Informasi yang dihasilkan akurat, dengan sumber kutipan yang jelas.

Concensus sudah menggunakan teknologi ChatGPT-4 dalam mengumpulkan informasi, merangkum dan menampilkannya dalam bentuk tulisan.

Scholarcy

Scholarcy dapat membaca dan meringkas materi dalam jurnal dengan cepat dan detail sehingga data dan informasi yang diperoleh terpercaya.

Teknologi berbasis ai ini dapat membandingkan hasil penelitian yang sudah ada, membuat ringkasan dan menampilkan data dalam bentuk word dan PDF.

Pengguna pun lebih mudah melihat referensi karena AI satu ini menyajikan link yang terhubung ke sumber data atau sumber informasi.

Scite

Scite bisa menjadi andalan bagi mahasiswa yang sedang menyusun penelitian dan menguji relevansi ilmiah dari jurnal atau artikel yang digunakan sebagai referensi.

Manfaat teknologi ai satu ini dapat mempersingkat waktu penelitian dengan membantu menyediakan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Fitur yang tersedia dalam Scite sangat lengkap. Pengguna bisa menganalisa kutipan yang digunakan dalam penelitian.

Selain itu, Scite dapat menampilkan data berapa kali penelitian tersebut dikutip dan menginformasikan kontek kutipan.

Dengan menggunakan AI satu ini prose penelitian lebih cepat karena tidak perlu melakukan verifikasi referensi secara manual.

AskYourPDF

Anda bisa dengan mudah mengubah dokumen PDF menjadi sesi interaktif hanya dengan mengunggah dokumen.

Setelah mengajukan pertanyaan, pengguna akan mendapatkan jawaban secara langsung berdasarkan isi dokumen tanpa harus membaca secara keseluruhan.

Anda juga tidak perlu melakukan ekstrak data, grafik dan tabel secara manual karena AskYourPDF dapat mengerjakannya dengan cepat sehingga lebih hemat waktu.

AskYourPDF juga bisa membuat referensi dengan otomatis dalam berbagai format sitasi, seperti MLA (Modern Language Association) dan APA (American Psychological Association).

Pesatnya perkembangan teknologi ai sangat membantu banyak pengguna, termasuk mahasiswa dalam mempercepat proses penelitian.

Masing-masing teknologi AI mempunyai manfaat yang berbeda sehingga dalam penelitian bisa menggunakan beberapa teknologi agar lebih cepat dengan informasi terpercaya.

Perkembangan AI di Indonesia tidak ketinggalan dengan negara lain. Hal ini terbukti dengan hadirnya Aruna AI yang merupakan ciptaan anak bangsa dengan performa yang dapat diandalkan.

Posting Komentar untuk "5 Teknologi AI yang Bermanfaat untuk Mahasiswa"